Breaking

LightBlog

Sabtu, 28 Maret 2015

Inilah Kelebihan Utama Root Android


pengertian serta cara root android
Root Pada android memberikan hak akses penuh pada user
Selamat pagi sob, kali ini saya akan share tentang root android, khususnya pengertian root android, keuntungan dan kerugian root serta bagaimana cara nge-root android.  Mungkin sebagian newbie/pemula kata root android masih belum familiar didengar atau bahkan sudah ada yang pernah mendengarnya namun belum paham apa itu root.. sebelumnya mungkin dari sekian pembaca hanya mengetahui seputar android ya itu-itu aja, sebuah smartphone yg bisa kirim pesan melakukan panggilan,browsing internet dan sebagainya layaknya kebanyakan handphone lainnya. Namun yang berbeda android adalah sebuah smart operating sytem yang dirancang secanggih mungkin melampaui handphone-handphone biasa sehinga membuat nyaman para penggunanya untuk setiap saat berada dalam genggamannya. 



Apabila kita menerobos lebih dalam tentang dunia android, para user/pengguna akan merasakan sensasi dan wahana yang berbeda tentang  ponsel pintar ini serta mengetahui lebih dalam sistem ini bekerja, bukan hanya itu, user bisa juga mendesain dan menyetting kebutuhan android kita sesuai selera dan keinginan kita. Salah satu contoh, kita bisa membuat lebih irit penggunaan baterai, bisa lebih mempercepat koneksi internet, dan juga bisa memodifikasi kinerja operating sistem seperti  memberikan ruang tambahan pada ram/swap ram, mengeset kecepatan processor sehingga bisa membuat kinerja sistem android bisa beroperasi dengan lebih cepat.


Oke langsung saja kita bahas pengertian root,
Dengan katanya saja "Root" berarti akar, ya akar dari ponsel pintar tersebut. kita bisa menerobos sistem tersebut sampai akar-akarnya.Root adalah sebuah jembatan untuk bisa mengakses sistem android lebih dalam. Dengan root suatu kegiatan yang tidak di ijinkan bisa dilakukan. Root memberi hak akses penuh kepada user sehingga user dapat mengoprek atau memodif sistem ini sesuai kebutuhan. Namun dalam root ini ada hal-hal penting yang harus diperhatikan yaitu “jika kita ingin mendapatkan sesuatu, maka ada harga yang harus dibayar”. Namun disini bukan berupa harga rupiah atau berupa nominal yang tercantum nilainya, melainkan poin-poin yang mungkin dianggap penting yang harus direlakan, yaitu:

  •  Garansi hilang/hangus.  Dengan root kita sudah membuka segel sistem android tersebut. maka dari itu pihak pabrik tidak akan mau menerima resiko terhadap kerusakan sistem tersebut terhadap hasil oprekan kita. Namun kini sudah tersedia aplikasi unroot yaitu untuk mengembalikan sistem yang sudah di root sehingga kita bisa mendapatkan kembali garansi kita yang hilang. Namun dibalik itu pihak pabrik tidak mau dibodohi juga, terkadang pihak  pabrik juga menggunakan software pendeteksi root sehingga bisa mengetahui smartphone tersebut sudah pernah di root atau belum.
  • Resiko seperti ngrestart sendiri,  bootlop, brick, bahkan bisa sampai mati total. Dalam tahap ini kita akan dihapakan seperti permasalahan di atas. Karna kita yang memodif android kita sendiri maka kitalah yang akan menanggung resikonnya. Ini merupakan tantangan tersendri bagi para user untuk berani mengambil resiko dan pilihan menjadi smart user terhadap langkah yg di ambil. Namun tenang saja asalkan kita tetap berhati-hati dalam memodif android, android kita masih aman-aman saja. Maka dari itu saya katakan kita dituntut menjadi smart user atau pengguna yang pintar yang bisa menempatkan dan bisa memodif andoid kita sebaik-baiknya.
  • Ada yang mengatakan baterai gampang panas (iya memang benar) namun dalam tanda kutip itu hasil dari modifan kita, maksudnnya adalah itu adalah efek samping dari hasil suatu presentase yang kita jalankan. contohnya, misal kita ingin memaksimalkan penggunaan internet lalu menyetting pada kecepatan maksimal maka efek yang didapat atau hargayang harus dibayar yaitu baterai tersebut efeknya. maka dari itu kita harus bisa menjadi  smart user, bagaimana caranya kita medapatkan sesuatu tetapi efek yang kita peroleh tidak sampai berpengaruh besar terhadap suatu hal lainnya.
PEngertian serta cara root android
Itulah beberapa kerugian dari root android
namun disisi positifnya yang user dapatkan lebih banyak atau tidak sebanding dari kerugian yang kita dapatkan “asalkan kita berhati-hati dalam memodif”. Kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting,  menginstal custom rom,  menambah ram/swap ram, meningkatkan performa, membuat baterai tidak cepat panas dan lebih tahan lama, menginstal game HD dengan kapasitas besar pada android yang spesifikasinya tergolong rendah, meningkatkan kecepatan internet tanpa menginstal aplikasi tambahan sehingga bisa lebih menjaga ruang gerak ram, membuat lebih jernih audio, kamera dan video dan masih banyak lagi yang akan user daptkan.  Dan semuanya saya kembalikan lagi kepada user, saya hanya berbagi info dan pengalaman tentang root android saja. Informasi ini hanya bersifat membantu untuk membuka pandangan seputar android kepada user yang  masih newbie/pemula. dan semoga pengertian ini ini bisa membantu yaa...

Terimakasih atas kunjungannya....

baca juga Install custom rom.

Adbox