Breaking

LightBlog

Sabtu, 26 September 2015

Seberapa penting Processor dan bagaimana cara kerjanya??

Processor... apa itu processor?
pengertian dan cara kerja processor
Seberapa penting dan bagaimana kinerjanya? Mari kenali lebih dekat lagi tentang processor, yaa sebuah komponen kecil namun memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah komputer. Processor ini adalah perangkat keras/Hardware yang merupakan komponen inti dalam kinerja sistem sebuah komputer. Layaknya manusia processor ini adalah otak yang mengatur, mengendalikan, dan mengontrol setiap organ tubuh. Processor merupakan suatu komponen yang dibutuhkan paling utama dalam sebuah perangkat yang tanpa adanya processor, sebuah perangkat tak akan mampu berjalan, begitu juga sebaliknya processor juga membutuhkan komponen lainnya dalam kinerjanya.


Processor umumnya disebut dengan CPU (Central Processor Unit) yaitu suatu chip yang berupa IC (Integreted Circuit) yang terhubung melalui socket pada motherboard. Processor dapat diubah/diupgrade asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Processor ini bekerja dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam membagi pekerjaan pemrosesan data kepada seluruh komponen komputer, hal itulah yang menyebabkan processor menjadi cepat panas. Kecepatan sistem operasi processor ini dipicu oleh quardz kristal di dalam processor  yang ketika mengalami sebuah proses elektrik akan mengirimkan gelombang yang di sebut peaks dan clock speed. Frekwensi clock umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem yang berarti kelipatan dari frekwensi motherboard. Oleh sebab itulah mengapa fungsi processor sangat penting terhadap performa dari sebuah komputer. Processor memiliki satuan GHz (GigaHertz) dimana ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data dan informasi. Merk processor yang sudah banyak beredar di pasaran diantaranya adalah Intel, AMD, VIA, Cyrix, IBM, dan IDT.

Jadi secara garis besarnya, processor berfungsi sebagai otak/inti dalam sebuah perangkat untuk memproses data-data yang di terima dari input atau masukan, lalu akan menghasilkan pengeluaran atau output.  Jadi setiap data yang di peroleh akan diproses melalui processor kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang diinginkan dari pengguna.

Bagian-bagian yang memiliki peranan penting dalam processor adalah:
1.         Control Unit (CU), berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan semua peralatan pada sistem komputer yang memberitahukan unit masukan tentang jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan di dalam primary storage. CU ini juga berfungsi untuk memberitahukan kepada Aritmethic Logical Unit (yang berfungsi untuk menghitung data) tentang operasi apa yang harus dilakukan.
2.         Aritmethic and Logical Unit (ALU), berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika serta logika berdasarkan instruksi program yang di eksekusi dari Control Unit (CU) . dalam hal ini processor hanya mengenali notasi mesin (bilangan biner) yaitu hanya angka 0 dan 1, dimana angka 0 menandakan tidak adanya sinyal listrik sedangkan angka 1 menandakan adanya sinyal listrik.
3.         Register / Memory Unit (MU), berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara  sekaligus instruksi yang akan di proses dari CU yang akan di kembalikan lagi pada RAM (Ramdom Acces Memory)
Cara kerjanya sebagai berikut:
Processor bekerja atas instruksi dari suatu program yang berasal dari hardisk, kemudian data beserta instruksi yang berkaitan dengan program yang akan dieksekusi tersebut akan dikirim pada RAM, dari RAM akan dilanjutkan ke Processor. Dalam processor ini Control Unit (CU) akan memilah mana yang termasuk data dan instruksi. Paket dari Control Unit (CU)  ini tersimpan dalam Memory Unit (MU). Untuk paket (data dan instruksi yang memerlukan perhitungan) akan di kirimkan ke Aritmethic and Logical Unit (ALU) untuk diproses, dan akhir dari proses ini akan diteruskan kembali melalui RAM hingga muncul kembali pada tampilan pengguna.

PC/Laptop Sobat sering lemot??berikut caranya..

Seperti halnya manusia, processor dan otak memiliki fungsi yang sama yaitu sama-sama memproses data. Namun bedanya adalah processor tidak dapat menyimpan data, processor hanya mampu mengolah dan menginstruksi data saja.
Begitulah sedikit gambaran dan kinerja dari processor yang merupakan komponen kecil namun memiliki peranan yang sangat penting dalam komputer. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat, jangan lupa like fanspage syaqieb world yaa untuk mensupport artikel-artikel lainnya..trimakasih 

Aplikasi kamera DSLR terbaik untuk Android



2 komentar:

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

wah makasih banyak nih min sudah share ilmunya
solder uap

SINYALITI Apple Service mengatakan...

Nice info, artikel yg sangat bermanfaat..

Hai kaka, apakah iPhone Anda mengalami kerusakan karena sesuatu hal? Tak perlu khawatir, karena Anda bisa percayakan perbaikan iPhone Anda kepada SINYALITI Apple Service.
Sinyaliti melayani perbaikan semua tipe iPhone di tempat, pesan sekaligus antar spare-part, dan berbagai macam layanan lain mengenai semua tipe iPhone.

Selain datang langsung ke workshop Sinyaliti, Anda juga bisa menggunakan jasa panggilan atau door-to-door atau layanan “Service Panggilan”, sehingga sangat memudahkan Anda.
Silahkan kunjungi SINYALITI.com untuk mendapatkan layanan service panggilan dan harga terbaik, yang bisa Anda hubungi di nomor 0812 9008 5435.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Sinyaliti Apple Service sekarang juga, dan buktikan sendiri kinerja yang dilakukan. Dengan Sinyaliti Apple Service, iPhone kesayangan Anda dijamin dapat berfungsi kembali.

Adbox