Breaking

LightBlog

Rabu, 27 Januari 2016

Pengertian dan Penerapan Jarinngan Komputer



Hai sobat blogger...
Kali ini syaqiebworld.blogspot.com akan membahas tentang jaringan komputer. Apa sih jaringan kkomputer  itu?? dan bagaimana pengelomokannya??

Pengertian dan Penerapan Jarinngan Komputer



Oke.. pertanyaan tersebut  akan kita bahas pada artikel kali ini. Disini saya akan mencoba menjelaskan dasar-dasarnya saja dan tidak terlalu mendetail agar mudah dipahami oleh sobat blogger khususnya para pemula.

Jaringan Komputer
Yang dimaksud jaringan komputer (computer network) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomus. Artinya jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer (dan perangkat lain, seperti printer, hub dsb.) yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara. Nah media perantaranya seperti apa?? Media perantara ini bisa berupa media kabel atau media tanpa kabel (nirkabel). Informasi berupa data akan mengalir dari satu komputer ke komputer lainnya atau dari satu komputer ke perangkat lainnya, sehingga masing-masing komputer/perangkat yang terhubung tersebut bisa saling bertukar data.

Pengelompokan Jaringan Komputer

  1. Berdasarkan AREA 
Pengelompokan jaringan komputer yang pertama ini didasarkan pada skala/luas jangkauan penggunaannya.
  • LAN

Local Area Network adalah jaringan lokal yang dibuat pada area tertutup. Misalkan dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. Jenis jaringan ini sering disebut jaringan privat karena hak aksesnya yang terbatas. LAN digunakan untuk jaringan kecil yang menggunakan reseurce bersama-sama, seperti penggunaan printer dan media penyimpanan secara bersama.

  • MAN
Metropolitan Area Network  merupakan pengembagan dari LAN. Metode yang digunakan  sama namun daerah cakupannya lebih luas. Jaringan MAN ini bisa digunakan oleh beberapa kantor yang masih berada dalam komplek yang sama, satu kota, bahkan satu provinsi.

  • WAN
Wide Area Network merupakan jeis jaringan berdasarkan area yang ketiga. Pada jeis WAN ini daerah cakupannya lebih luas lagi bisa meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau bahkan lintas benua.

 
2.       Berdasarkan MEDIA PENGHANTAR
  •  Wire Network
Wire Network merupakan jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Data yang dikirim akan mengalir pada kabel. Kabel yang digunakan bermacam-macam seperti menggunakan bahan dasar tembaga, fiber optik/serat optik dan sebagainya.

  • Wireless Network
Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang radio atau cahaya infrared. Frequensi yang digunakan geombang radio untuk jaringan komputer menggunakan frequensi tinggi, yaitu 2.4GHz dan 5.8GHz.


3.       Berdasarkan FUNGSI
  • Client Server
Client Server adalah jaringan komputer yang salah satu (boleh lebih) komputer difungsikan sebagai server atau induk bagi komputer yang lain. Server melayani komputer lain yang disebut client. Layanan yang diberikan bisa berupa akses Web, File atau yang lain.  Salah satu contohnya seperti warnet.
  •  Peer to Peer
Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Jadi setiap komputer dapat menerima dan memberikan acces dari/ke komputer lain.

Nah itulah pengertian serta pengelomokan dari Jaringan komputer.

1 komentar:

admin mengatakan...

makasih sob, artikelnya :D

Adbox