Breaking

LightBlog

Jumat, 05 Juni 2015

Penyebab dan tips mencegah terbakar/meledaknya gadget smartphone

Selamat malam blogger…

Malam  ini saya akan share tentang  penyebab meledak/terbakarnya smartphone serta beberapa saran untuk meminimalisirnya..

Penyebab dan tips mencegah terbakar/meledaknya gadget smartphone
Sempat terkejut ketika tadi pagi waktu buka fb saya melihat sebuah postingan tentang meledaknya sebuah smartphone. Ini mengingatkan saya pada suatu artikel yang pernah saya baca yang memuat kejadian yang sama. Namun kejadiannya terjadi di beberapa negara tetangga seperti Thailand, dan China yang berakibat luka yang cukup serius bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Nah yang tadi pagi malah terjadi di Indonesia, saya kurang jelas informasi lokasinya dimana. Namun meskipun tidak sampai menelan korban jiwa sungguh miris melihat kondisi sang empunya smartphone ini karena bisa dibilang terkena luka bakar yang cukup serius. Berikut cuplikan gambarnya…



Penyebab dan tips mencegah terbakar/meledaknya gadget smartphone


Setelah merenungi kejadian tersebut terngiang di benak saya dan muncul beberapa pertanyaan-pertanyaan mengerikan yang membuat saya merinding, bagaimana jika kejadian tersebut menimpa saya?? menimpa teman-teman saya?? Atau bahkan Menimpa salah satu keluarga saya??

Berbekal seperti itu saya langsung browsing mengenai penyebab dan pemicu terjadinya ledakan tersebut. Dan ini beberapa fakta yang saya kutip dari beberapa sumber,

-          Sebuah iPod Touch meledak di saku seorang anak yang berusia 10 tahun dan mengakibatkan sang anak menderita luka bakar tingkat 2. (sumber : viva.co.id)

-          Seorang wanita (Shibani Bhujle) yang bekerja sebagai manager pemasaran di New York mengaku bahwa iPhone 4S miliknya tiba-tiba panas berlebihan dan mengeluarkan asap akibat baterai yang meleleh karena kepanasan (sumber : kompas.com)

-          Samsung Galaxy S4 milik seorang seorang pria hongkong meledak dan membakar seluruh isi apartemennya. Peristiwa ini bermula ketika ia sedang bermain game Love Machine di smartphone tersebut. Tiba-tiba perangkat miliknya semakin panas, dan meledak. Karena terkejut ia langsung melempar perangkat tersebut ke sofa sehingga membakar selurus isi ruangan yang ada di apartemen miliknya. (sumber : peoplehope.com)

-          Dan yang paling fatal terjadi pada seorang pramugari asal china MA Ailun dikabarkan tewas ketika menelepon dengan iPhone 5 miliknya yang sedang di charge. Laporan forensic menjelaskan bahwa wanita muda tersebut memang tewas terkena aliran listrik. (sumber : phonearena.com)

Nb : info diatas hanya bersifat membantu dan tidak ada maksud untuk menjatuhkan suatu label  tertentu

Di bawah ini saya akan share beberapa penyebab dan tips meminimalisir meledak/terbakarnya smartphone yang mungkin bisa sedikit membantu..


Tips menghindari/mencegah agar smartphone anda tidak meledak atau terbakar..
1.       Kondisi baterai
Dari beberapa kasus yang sama, kebanyakan factor utamanya adalah dari baterai. Hindari penggunaan baterai yang jelek atau bahkan sampai mengembung karena baterai yang sudah mengembung rentan meledak dan tidak menutup kemungkinan, arus yang seharusnya masuk dalam baterai adalah arus DC (bolak-balik) menjadi arus AC (searah) sehingga baterai tidak dapat menampung arus masuk yang berlebih.

2.       Menggunakan produk ori
Gunakanlah produk-produk asli bawaan pabrikan seperti charger ,baterai, dan kabel data karena ini sudah pasti sangat menunjang pada kualitas hasil charger yang optimal.

3.       Jangan dipakai Ketika di Charge
Ketika di charge smartphone menjadi lebih panas dari keadaan normal. Oleh karena itu, jangan menggunakan smartphone untuk bermain game, tethering WiFi, atau menelpon, pada saat di charge karena hal tersebut dapat membuat smartphone menjadi lebih panas berkali-kali lipat. 

4.       Menjaga suhu smartphone
Hindari pemakaian yang bisa menyebabkan panas berlebih (overhead) seperti bermain game/online terlalu lama apalagi sambil di charge, dan charge yang terlalu lama dan sebagainya, Berilah jeda sejenak untuk menurunkan suhu baterai. Hal inilah yang sering dihiraukan oleh kebanyakan pengguna, sebenarnya panas berlebih itu bisa menyebabkan terbakarnya komponen-komponen yang bisa memicu meledaknya smartphone dikarenakan masih tersimpan muatan/daya di dalam baterai.

5.       Jangan menyimpan di saku yang terlalu ketat
Ini juga sangat berpengaruh karena smartphone dalam ruang saku yang sempit akan terhimpit dan tidak menutup kemungkinan dari himpitan tersebut akan menyebabkan arus pendek, jika kita tinjau lebih jauh pada smartphone itu sendiri, jarak antar perkomponen sangat dan sangatlah dekat apalagi smartphone besutan akhir-akhir ini yang hanya beberapa ml tipisnya. Memang benar setiap smartphone sudah dibekali perlindungan yang telah mumpuni, tetapi tidak ada salahnya kita meminimalisir kemungkinan yang mungkin bisa terjadi.


Itulah beberapa saran yang mungkin bisa membantu untuk meminmalisir meledak/terbakarnya sebuah perangkat. Kita sebagai pengguna, harus lebih bersikap hati-hati terhadap perangkat yang kita miliki, agar hal-hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi dan menimpa kita.


Tidak ada komentar:

Adbox